Memutuskan Antara Perawatan Mata Laser dan Operasi Katarak

Katarak adalah kondisi mata yang terjadi ketika lensa alami atau kristal di dalam mata menjadi keruh. Ini adalah efek jangka panjang yang disebabkan oleh paparan sinar UV atau sinar matahari secara terus menerus. Biasanya terlihat di kemudian hari karena semakin lama Anda hidup, semakin banyak sinar UV yang Anda terpajan. Anda juga dapat mempertahankan katarak saat lahir (katarak kongenital) dan mereka juga dapat berkembang dari cedera pada mata. Katarak juga dapat disebabkan oleh penggunaan jangka panjang dari melihat anatomi mata beberapa obat yang mirip dengan steroid.

Seorang dokter mata akan mempertimbangkan hal ini ketika menilai apakah perawatan mata laser adalah operasi yang cocok untuk individu dengan katarak.

Melihat suatu objek, cahaya melewati kornea bagian depan mata, melalui lensa, dan ke bagian belakang atau retina. Cahaya harus melewati jalur transparan dan dengan fokus yang tepat, harus ada sosok yang jelas yang terbentuk di bagian belakang mata.

Lensa buram, yang terjadi pada katarak, berarti cahaya yang melewatinya tidak teratur dan bayangan yang klinik mata bekasi terbentuk di retina menjadi kabur. Karena katarak terletak di dalam mata, masalah ini tidak dapat diatasi dengan kacamata atau lensa kontak.

Perawatan mata laser standar seperti lasik atau PRK juga tidak akan memulihkan masalah ini karena perawatan tersebut berkaitan dengan pembentukan kembali permukaan depan mata. Katarak masih dalam perjalanan sehingga kesan yang terbentuk pada retina akan tetap berkabut.

Lensa buram di dalam mata perlu dilepas untuk penglihatan yang jelas. Ini terutama merupakan proses dua bagian.

Melepaskan Lensa

Cara standar ekstraksi lensa adalah dengan fakoemulsifikasi. Melalui potongan kornea kecil, alat genggam dengan kepala bergetar ultrasonik dimasukkan ke dalam mata. Tepi bergetar pada frekuensi tinggi untuk memecah lensa kristal di dalam mata. Saat potongan-potongan sederhana disedot, akan ada ruang yang tersisa di mana lensa buatan akan ditanamkan.

Memasukkan Lensa Intraokular

Operasi penggantian lensa kristal alami dengan lensa buatan disebut lensa intraokular atau IOL. IOL dimasukkan ke dalam mata dalam konfigurasi yang digulung melalui sayatan kecil di kornea. Di dalam mata, lensa intraokular dibuka dan diposisikan di belakang iris di mana lensa kristal alami dulunya. Penglihatan dikoreksi dengan Rx dari IOL, jadi kacamata tidak lagi diperlukan setelah operasi katarak.

Karena sayatan sangat kecil dan dilakukan dengan anestesi lokal, jahitan biasanya tidak diperlukan setelahnya. Mata menyembuhkan ini dengan mudah dan bermalam di rumah sakit atau klinik tidak diperlukan.

Karena lensa buatan yang ditempatkan di dalam mata dapat berupa Rx apa pun, operasi katarak (juga dikenal sebagai penggantian lensa) menjadi cara yang populer untuk mengoreksi penglihatan melalui pembedahan, terutama untuk pasien yang lebih tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *