Dasar-dasar Perawatan Sepeda dan Perlengkapan Keselamatan

Semua pengendara sepeda, baik pemula maupun berpengalaman, road rider atau trail rider, harus mengetahui beberapa dasar keselamatan. Sepeda umumnya aman untuk dikendarai, tetapi mengabaikan perawatan rutin dapat menyebabkan kecelakaan serius. Pemeriksaan singkat berikut ini adalah cara cepat untuk memastikan bahwa sepeda Anda dalam keadaan baik sebelum memulai perjalanan Anda.

Ketahui ABC Anda

Mengingat frasa “Pemeriksaan Cepat ABC” dapat membantu Anda menjalankan pemeriksaan keamanan cepat sepeda Anda:

  • A untuk Tekanan Udara. Pastikan ban Anda dipompa sesuai dengan tekanan yang tercantum di dinding samping ban Anda. Jika ban Anda tidak terasa kencang, mungkin ban tersebut tidak cukup mengembang. Cari juga tanda-tanda ban melengkung, meregang, atau terjepit, yang semuanya bisa menyebabkan ban kempes.
  • B untuk Rem. Uji rem Anda, baik depan maupun belakang jika Anda memilikinya. Anda harus bisa menghentikan gerakan maju secara tiba-tiba. Jika Anda melihat bantalan rem atau kabel rem yang aus, atau jika rem Anda tidak berfungsi dengan baik, perbaiki masalah ini sebelum Anda berkendara.
  • C untuk Chain. Rantai yang bersih dan dilumasi dengan baik sangat penting untuk perjalanan yang mulus dan aman. Oleskan pelumas rantai jika Anda mulai merasakan hambatan pada rantai atau terasa kering. Juga waspadai karat, yang dapat menyulitkan perpindahan gigi atau mengayuh. Rantai Anda harus ditarik kencang di sekitar roda gigi agar tidak lepas.
  • Cepat untuk Rilis Cepat. Jika Anda memiliki ban lepas cepat, pastikan ban Anda terpasang erat dan tuas lepas cepat ditekan ke bawah hingga ke garpu sepeda. Ban Anda tidak boleh goyah atau bergesekan dengan komponen apapun jika diikat dengan benar.
  • Periksa Periksa Lainnya. Perhatikan bagian sepeda Anda yang lain untuk mencari bagian yang kendor. Sesuaikan setang dan tempat duduk Anda dengan ketinggian yang nyaman dan kencangkan dengan erat.

Peralatan Keamanan

Untuk membantu memastikan perjalanan yang aman, berikut adalah daftar peralatan yang mungkin ingin Anda pertimbangkan untuk dibawa setiap kali Anda bersepeda:

  • Lampu depan dan belakang. Banyak negara bagian mengharuskan lampu belakang oleh hukum jika Anda berkendara di malam hari, yang membuat Anda lebih terlihat oleh pengemudi. Lampu depan juga membuat Anda lebih terlihat dan meningkatkan kemampuan Anda untuk melihat jalan yang tidak rata, lubang, dan bahaya jalan lainnya dalam kegelapan.
  • Kit alat kecil. Ini dapat dibeli di toko sepeda lokal mana pun. Carilah yang setidaknya menyertakan beberapa peralatan dasar sepeda, kit tambalan, dan ban serep.
  • Pompa udara tangan. Jika ban Anda kempes atau kempes sama sekali selama bersepeda, Anda akan menendang diri sendiri karena tidak memilikinya. Ini bisa menjadi perjalanan pulang yang panjang.
  • Helm. Helm adalah masalah yang diperdebatkan dalam komunitas bersepeda, tetapi mengenakannya dapat membantu melindungi Anda dari cedera kepala jika Anda mengalami kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *